Inspirasiku

Jumat, 17 Februari 2012

Manfaat Musik Klasik Bagi Perkembangan Janin

• Janin yang terbiasa mendengar musik klasik yang tenang dan lembut, cenderung jadi anak yang tenang, tidur nyenyak. Apa hubungannya dengan perkembangan otak? Sel saraf di otak akan tumbuh pesat ketika bayi tidur. Kalau bayi tenang dan tidur dengan lelap, maka perkembangan otak pun jadi maksimal.

• Jaga kesehatan selama masa ibu hamil. Hal penting yang dapat dilakukan ibu hamil agar bayinya sehat, termasuk otak dan psikisnya sehat, adalah menjaga kesehatan di masa ibu hamil se-optimal mungkin.

• Musik klasik dan nada-nada lembut dapat membuat ibu hamil menjadi lebih tenang dan pertumbuhan janin menjadi optimal. Penelitian di Belanda membuktikan pula, janin yang sudah memasuki trimester ke-3, bukan hanya bisa mendengar suara, tetapi juga bisa “belajar”. Para peneliti memperdengarkan bunyi-bunyian pada janin, lalu memonitor dengan USG (ultrasonografi) untuk melihat reaksinya. Ternyata, janin bereaksi lebih cepat setiap kali mendengar bunyi-bunyian. Banyak orang menduga, perkembangan otak janin sangat dipengaruhi oleh kejadian di luar rahim.

• Musik klasik dapat menenangkan bayi yang lahir prematur. Sewaktu mendengarkan musik klasik, dapat diamati ekspresi wajahnya yang tidak lagi terlihat menderita serta detak jantungnya berjalan normal.

• Bisa digunakan untuk terapi penyembuhan. Musik klasik dapat menggetarkan saluran darah, menyirami jiwa dan meluruskan hati, berdasarkan referensi menyatakan bahwa suara dalam organ limpa berwujud lagu. LUARBIASA...!!!

• Musik klasik bisa mengeliminasi rasa psikologis negative, seperti menghilangkan rasa gundah, kejenuhan, dan kerisauan. Dan ini lebih efektif dari pada penggunaan obat, lho!

• Ilmuwan barat meneliti hubungan antara musik klasik dengan kesehatan. Dan didapatkan hasil yang luar biasa bahwa musik klasik adalah obat mujarab bagi penyembuhan badan dan kepedihan jiwa, malahan dapat meningkatkan kebijakan jiwa.

• Terapi musik sejak 40 tahun lebih ini telah dipergunakan di berbagai lingkup pengobatan klinis. Dan yang perlu diketahui adalah, ternyata banyak penelitian menunjukkan perbedaan antara musik klasik dengan musik modern bagi kesehatan jiwa dan raga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar